Dandim 0418/Palembang Hadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir

Berita57 Dilihat

PALEMBANG|PencanangNews.com- Mewakili Danrem 044/Gapo, Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat M.Han, menghadiri kegiatan Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir di wilayah Sumsel Tahun 2023.

Kegiatan yang dipimpin Pj Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni ini, dilaksanakan di Jakabaring Sport City Jalan Gub. H. Bastari Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang, Kamis (23/11/2023).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam II/Swj diwakili Kapoksahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Noram Saito, Perwakilan Unsur Forkopimda Sumsel, Kapolrestabes Palembang diwakili AKP Albert, Pj Bupati Banyuasin, para Kepala OPD, Instansi dan Vertikal Provinsi Sumsel.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni menyampaikan, bahwa kondisi iklim, cuaca dan kondisi geografis serta ekologi perilaku masyarakat bisa saja memicu terjadinya bencana khususnya bencana hidrometrodologi seperti banjir dan kekeringan serta longsor.

“Oleh karena itu, diperlukan upaya sedini mungkin untuk bisa mencegah terjadinya bencana. Kondisi alam seperti iklim dan cuaca ini satu kondisi alamiah yang tidak dapat dirubah, tetapi kondisi ekologi seperti degradasi alam juga perilaku manusia dapat kita perbaiki,” katanya.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi terhadap korban jiwa korban dan kehilangan tempat tinggal atau luka akibat dari bencana tersebut kita juga harus bekerjasama menyiapkan dan memberikan bantuan.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan seluruh Forkopimda, Bupati, Walikota seluruh Pejabat TNI-Polri, sipil, mahasiswa, relawan dan seluruh stakeholder, semua permasalahan bencana di wilayah Sumsel dapat ditanggulangi,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas seluruh partisipasi atau seluruh peran serta yang hadir pada hari ini dan kesiapan ini kita lakukan terus. Kita tidak akan berhenti untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan akibat cuaca yang timbul di akhir tahun dan di awal tahun nanti,” pungkasnya. (Ndre)