Festival Teater Pelajar Sriwijaya Piala Mang Heri Siap Digelar

Budaya43 Dilihat

PALEMBANG|PencanangNews.com – Festival Teater Pelajar (FTP) Sriwijaya memperebutkan Piala Mang Heri (H. Heri Amalindo, red) siap digelar 8 s.d. 9 Maret 2024 di Graha Budaya Jakabaring, Palembang. Sebanyak sembilan kelompok teater SMA/SMK di Sumsel siap bersaing setelah melalui proses seleksi dari puluhan kelompok teater yang mendaftar.

“Dari puluhan kelompok teater yang mendaftar akhirnya kami menetapkan sembilan kelompok teater yang ikut FTP Sriwijaya memperebutkan Piala Bergilir Mang Heri dari Ketua Ikatan Cendikiawan Sumsel Bapak H. Heri Amalindo. Proses seleksi dilakukan karena kami ingin menampilkan kelompok teater yang terbaik dengan proses festival yang standar nasional,” kata Ketua Pelaksana FTP Sriwijaya, Bayu Widya Pratama saat technical meeting di Rumah Kebaikan Nusantara (RKN) Sumsel, Senin (4/3/2024).

FTP Sriwijaya Piala Bergilir Mang Heri merupakan hasil kerja sama Sriwijaya Creative Foundation dan Dewan Pengelola Daerah (DPD) RKN Sumsel. Selain lomba teater di 8 dan 9 Maret, rangkaian kegiatan juga ada workshop teater pada 5 Maret 2024 di Kantor RKN Sumsel, Jalan Hang Tuah Nomor 12A Kelurahan Talang Semut Palembang dan bazzar UMKM di Graha Budaya Jakabaring saat kegiatan berlangsung.

BACA  Ketidak Samaan Gerak Tari Tanggai

“Kegiatan ini terbuka untuk umum. Semua masyarakat khususnya pencinta teater silakan datang dan menyaksikan langsung. Kami yakin semua peserta akan menampilkan yang terbaik sehingga sangat layak untuk ditonton. Peserta yang tampil tidak hanya dari Palembang tapi ada beberapa dari kabupaten/kota di Sumsel,” ujar Bayu.

Pemateri workshop langsung dewan juri yang merupakan tokoh teater tingkat nasional dan Sumsel. Untuk materi penyutradaraan akan disampaikan Iman Soleh (Pendiri Teater Celah-celah Langit, dosen ISBI Bandung, sekaligus menjabat sebagai Kepala UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan ISBI Bandung), materi artistik oleh Dian Ardiansyah (aktor, sutradara, penulis naskah, penerjemah, dan penyanyi berdomisili di Kota Cimahi, Bandung. Berpengalaman teater 20 tahun) dan keaktoran oleh Hasan, M.Sn (Pj Ketua Dewan Kesenian Palembang, dosen Sendratasik Universitas PGRI Palembang, sutradara dan aktor teater).

BACA  VGedung Kesenian Balai Pertemuan Segera Dihidupkan Lagi !

“Saya jelas menyambut baik kegiatan yang dilakukan Sriwijaya Creative Foundation dan RKN Sumsel ini. Pesan saya tegas untuk penjurian harus secara profesional dan melibatkan tokoh-tokoh nasional di bidang teater,” kata Ketua ICMI Sumsel H. Heri Amalindo saat menerima pengurus RKN Sumsel.

Mang Heri (sapaan akrab H. Heri Amalindo, red) berharap dari kegiatan ini dapat menghasilkan kalangan muda yang kreatif. Tokoh Sumsel yang dikenal akrab dengan masyarakat ini juga akan menjadikan ajang FTP Sriwijaya sebagai even tahunan.

“Kalau terus diasah dengan even seperti ini, saya yakin ke depan akan banyak kelompok teater di Sumsel yang mampu bersaing di tingkat nasional.

Banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan di Sumsel dalam bidang seni. Apalagi kalau dipelopori oleh anak-anak muda,” ungkap Mang Heri yang akan datang langsung saat pembukaan nanti.* (Andre)