oleh

Ketua PWI Lubuk Linggau dan LSM BAPAK, Ultimatum Plt Kadis PU CK Musi Rawas

-Kriminal-970 views

MUSIRAWAS|PencanangNews.Co.Id-Hal kurang mengenakkan kembali terjadi pada profesi wartawan baru-baru ini dalam melakukan tugas jurnalistiknya dizaman kepemimpinan Plt Kepala Dinas PU CK Musi Rawas, Ardi Irawan. 

Pasalnya berulang kali awak media bernama Ali Akbar Saukani mencoba dengan segala upaya mewawancarai melalui via seluler pribadinya cukup sulit direspon, dan mendatangi kantor dinas terkait tak kunjung berjumpa, hingga keesokkan harinya awak media bertemu di DPRD Musi Rawas dan meminta izin waktu untuk wawancara sebentar namun tidak bisa, Plt Kadis DPU CK Musi Rawas mengatakan sedang buru-buru. Lalu malam harinya dirinya membalas WA untuk datang kekantor dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

“Maaf tadi bener lagi dampingi DPRD mau sidak ke lokasi pekerjaan. Bukannya menghindar , Besok setelah dari agenda di polres boleh kalo mau ketemu koordinasi,” ucap Plt Kadis PU Cipta Karya Ardi Irawan melalui via WA pribadinya, Rabu malam, (29/12/2021).

Namun sayangnya ketika awak media ini mengunjungi kantor DPU Cipta Karya berulang kali tak kunjung bertemu dengan Orang nomor satu dijajaran PU CK Kabupaten berslogankan Sebiduk Semare tersebut. Bahkan Wartawan TIMES Indonesia mencoba kembali menghubungi Ardi Irawan baik melalui Via Whatsapp dan SMS tidak ada jawaban untuk konfirmasi hingga saat ini tidak ada jawaban lagi dari Plt Kadis PU Cipta Karya Musi Rawas.

Hal itu bertolak belakang dari apa yang diucapkan Plt Kadis PU CK Musi Rawas bahwa akan terbuka untuk awak media  dalam melaksanakan tugas dan fungsinya belum lama ini ketika klarifikasi dan meminta maaf atas ketidak nyamanan pemasangan stiker bertuliskan dilarang memfoto dan memvideo diarea lingkungan perkantoran DPU Cipta Karya Musi Rawas yang memicu polemik di kalangan kulitinta. 

Menanggapi hal itu, Ketua PWI Lubuk Linggau Endang Kusmadi mengultimatum, mengingatkan, mengharapkan kepada Plt Kadis PU Cipta Karya Musi Rawas agar jalinan komunikasi dengan insan pers dibenahi. Juga terhadap seluruh para pejabat untuk selalu terus bersinergi dengan jurnalis dalam bersama-sama mencapai pembangun Musi Rawas Mantab. 

 “Kami minta kepada Plt Kadis PU Cipta Karya, Ardi Irawan sebagai seorang pejabat jangan terkesan alergi terhadap Wartawan. Dan kepada seluruh pejabat yang ada di Musi Rawas harapan kami bisa terus bersinergi dalam bersama-sama membangun Musi Rawas Mantab. Tugas dan fungsi wartawan itu sangatlah mulia,” ucap Ketua PWI Kota Lubuklinggau, Endang Kusmadi, Kamis, (30/12/2021). 

Disisi lainnya, hal senada pula dilontarkan oleh LSM BAPAK yang juga sebagai Pemerhati Kebijakan Publik, Sony. Dirinya mengingatkan tentang keterbukaan informasi publik, dan sebagai seorang pejabat hendaknya mengerti dan memahami akan hal itu.  Bila tidak bisa melaksanakan tugas dan fungsinya silakan mundur dari jabatan Plt Kadis. 

 “Kepala Dinas ini fungsinya diibaratkan seperti manager ya, bukan sebagai fungsi teknis. Jadi dia tidak mesti harus terus kelapangan. Kan ada kabid-kabid yang bisa kelapangan. Jika mau membuka komunikasi dengan mitra Wartawan juga LSM, walaupun dia sedang tidak bisa dapat menghadirkan humasnya. Apalagi ini akhir tahun, kawan-kawan media mau bertanya terkait pencapaian pembangunan. Pekerjaan apa saja yang sudah selesai, ataupun belum. selesai. Keterbukaan informasi publik itukan sudah jelas. Jika tidak sanggup melaksanakan tugas dan fungsinya silakan mundur dari jabatan Plt Kadis,” tegas Sony. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya