Sekda Kota Lubuklinggau Ikuti Sosialisasi PP Nomor 43 Tahun 2020

Sumsel142 Dilihat

Lubuklinggau|PencanangNews.co.id- Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi dan Sekretaris Dinas PUPR Ibrahim, ST
mengikuti webinar Peringatan Hari Habitat Sedunia Tahun 2020 yang membahas Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2020 tentang Aksesibilitas Terhadap Pemukiman, Pelayanan Publik dan Perlindungan dari Bencana bagi Penyandang Disabilitas via aplikasi zoom dan youtube live KemenPUPR di Posko Induk GTPP Covid-19, Selasa (29/9/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Kota untuk Bersama” perwujudan kota setara dan mandiri bagi seluruh masyarakat itu dibuka oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Prof. Dr. Ir. Anita Firmanti E.S.,MT.

BACA  20 Tahun Berdiri, Pembangunan Pesantren Thawalib Serasan Belum Pernah Dibantu Pemerintah

Narasumber diisi oleh Angki Yudistia, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dan Direktur PKP DJCK Kemen PUPR, Ir. Didiet A. Akhadiat. M.Si

Narsum Anita Firmanti dalam kesempatan itu mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan PP Nomor 42 tahun 2020 Aksesibilitas Terhadap Pemukiman, Pelayanan Publik dan Perlindungan dari Bencana bagi Penyandang Disabilitas. PP ini sambungnya merupakan aturan pelaksana dari UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas”.

Ketentuan Pasal 104 ayat (4), Pasal 108, dan Pasal 109 ayat (4) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, mengamanatkan penetapan Peraturan Pemerintah tentang Aksesibilitas Terhadap Pemukiman, Pelayanan Publik dan Perlindungan dari Bencana bagi Penyandang Disabilitas.

BACA  Desa Tanpa Aliran Listrik, Warga Tanjung Tiga Minta Pemkab Muara Enim Turun Tangan

PP Nomor 42 tahun 2020 memiliki tujuan untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera dan mandiri dalam bentuk kemudahan akses terhadap permukiman, pelayanan publik, dan pelindungan dari bencana.

Ia menuturkan seperti diketahui bersama bahwa aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan untuk penyandang disabilitas guna mewujudkan kesamaan kesempatan, dimana untuk mewujudkan kota yang setara dan mandiri bagi seluruh rakyat. (Mahmud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.