Diskusi Seni Rupa Art Normal di Era Pandemi

Sumsel57 Dilihat

PALEMBANG|PENCANANGNews.Co.Id– Kegiatan Art Normal Iklim Kesenian Menuju Kenormalan Baru yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kota Palembang (DKP) memasuki hari kedua, dengan bahasan dari komite rupa, Selasa (18/8/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Guns Cafe, dengan melakukan webinar seni rupa bertema “Asa Perupa di Palembang Era Pandemi”, bertindak selaku narasumber Dr Erwan Suryanegara, MSn, Sirojudin, S.I.Kom, dan Askanadi, S, Sn.

” Tema Era Pandemi ini adalah Seni Rupa Palembang Kini dan Kedepan. Sebenarnya era pandemi tidak masalah bagi seni rupa, mengapa seni rupa prinsipnya cenderung bekerja individual, seniman bekerja di studio, karya sudah selesai siap dipamerkan, ” Jelas Dr Erwan.

Lanjut Dr Erwan, ” Persoalannya pameran-pameran yang konvensional yang terkendala protokol covid. Namun jika mengikuti protokol kesehatan, pameran itu tidak masalah, tetapi pengunjungnya terkendala. Kedepan karya seni rupa akan terus eksis apalagi didukung dengan teknologi virtual, yang penting kreatifitas terus berkarya,” tambahnya.

Sedangkan Sirojudin, dalam diskusi tersebut mengharapkan para pelaku seni di Palembang untuk tidak sungkan belajar dan mengekpresikan karya ke dunia digital.

” Seniman itu orang-orang kreatif yang tidak buntu akal, menguasai hal-hal manual, tapi juga harus mau belajar dengan media digital. Memang ada hal yang mis ketika seniman itu biasa bekerja manual dengan mengekpresikan karya ke digital, seperti tekturnya, warna dan sebagainya, tetapi semua itu mudah jika mau berusaha, ” Terang Sirojudin.

Selanjutnya acara Art Normal dilakukan dengan bahasan dari komite seni tari. Sedangkan besok , Rabu 19/8/2020 akan membahas dari komite sastra dan komite film. (daud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.