Jamin Informasi Meteorologi Dukung Operasi SAR, BMKG Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama Dengan Basarnas Palembang

Basarnas41 Dilihat

PALEMBANG|PencanangNews.com– Kamis (02/05) mengambil tempat di ruang rapat kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang, dilaksanakan penandatanganan kerja sama antara Basarnas Palembang dengan Stasiun Meteorologi (BMKG) Kelas II Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kepala Biro Hukum dan Kerja sama Basarnas Pusat Didi Hamzar, S. Sos., M.M., turut hadir dalam Kegiatan penandatanganan perjanjian Kerja sama tersebut secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dalam sambutannya didi menekankan pentingnya peran para stakeholder dalam keberhasilan pelaksanaan operasi SAR, serta penandatanganan kerja sama antara kedua pihak ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Basarnas dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tentang informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk layanan jasa Search and Rescue (SAR) kepada masyarakat.

BACA  LIMA JAM TENGGELAM, JAZAD M. ALDO DITEMUKAN TEAM SAR GABUNGAN

Tujuan dari perjanjian kerja sama ini untuk memastikan tersedianya informasi meteorologi dalam rangka mendukung operasi pencarian dan pertolongan (SAR), sepanjang jalur penerbangan, jalur pelayaran yang cukup, akurat, terkini, dan tepat waktu untuk keselamatan, kelancaran dan efesiensi penerbangan dan pelayaran.

Kegiatan penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Palembang Raymond Konstantin, S.E., dan Kepala Stasiun Meteorologi (BMKG) Kelas II Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Siswanto, S.T., M.Si.,

Usai penandatanganan, raymond berharap kerja sama ini bukan hanya dalam pembahasan masalah pemberian informasi meteorologi tetapi diharapkan BMKG bisa bergabung berlatih bersama dengan Basarnas dalam bentuk pelatihan SAR, karena BMKG dan Basarnas selalu berhubungan dalam pencarian dan pertolongan terhadap jiwa manusia

BACA  Babinsa Koramil 418-08/Sako Gercep Bantu Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Borang

Sementara Kepala Stasiun Meteorologi (BMKG) Kelas II Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Siswanto mengatakan, Melalui kerja sama yang sudah terlaksana dalam berbagai kegiatan pencarian dan pertolongan maka kedua belah pihak memiliki legalitas sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas layanan di bidang masing-masing.

Kegiatan penandatangan berlangsung hangat antara kedua pejabat tersebut yang diselingi dengan pembahasan tentang rencana-rencana kegiatan kedepan antara kedua belah pihak dan acara diakhiri dengan sesi foto Bersama. (Ndre)